Langsung ke konten utama

USAHA WARALABA


USAHA WARALABA
Bisnis Waralaba sendiri merupakan usaha bisnis yang terjadi karena adanya pertemuan antara pemilik merk/penjual modal dan pemodal/pembeli modal yang membahas tentang suatu usaha bisnis,dimana pemilik merk tersebut memberikan suatu hak kepada pembeli  modal untuk menjalankan suatu usaha yang di berikannya sesuai dengan ketetapan/aturan yang sudah ditentukan pemilik merk sebelumya.Dalam hal ini,si pembeli modal berhak mengikuti aturan yang sudah diberikan oleh si penjual modal.

Definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
Di dalam dunia waralaba terdiri dari dua pihak,yaitu Franschisor/pewaralaba (pihak yang memiliki merk, yang memberikan modal serta memberikan hak jualnya kepada seorang pembeli modal) dan Franschisee (pihak yang membeli usaha dan pihak yang menjalankan ketetapan yang sudah di berikan oleh pemilik merk).

Hubungan kerjasama usaha di antara kedua belah pihak disahkan dalam sebuah ikatan perjanjian atau kesepakatan. Lazimnya pihak pemberi waralaba dapat memberikan arahan ataupun bimbingan tentang teknis usaha, manajemen maupun dari segi marketing produk kepada pihak Franchisee (penerima waralaba), sedangkan dari pihak penerima waralaba harus membayar sejumlah dana sebagaimana kesepakatan antara kedua belah pihak yang telah disepakati sebelumnya.
Pemilik dari merek atau Franchisor akan memberikan hak kepada para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan atribut produsen seperti nama merek, prosedur dan sistem atau cara-cara yang telah disepakati yang meliputi area tertentu dan dalam kurun waktu tertentu juga.
Lalu yang dimaksud dengan Hak Kekayaan Intelektual atau HKI dalam arti waralaba antara lain seperti Hak paten, hak cipta, rahasia dagang, desain logo dagang, nama dagang dan juga merek dagang. Kemudian yang lainnya seperti cara penjualannya, sistem manajemennya, penataannya dan cara pendistribusian produknya yang menjadi karakteristik khusus dari pemilik usaha, itu semua merupakan penemuan atau ciri khas dari usaha.
Pihak Franchisee harus membayar sejumlah biaya yamg sudah ditentukan oleh pihak Franschisor untuk memperoleh hak dari usahanya.Biaya yang dikeluarkan biasanya tergantung dari ketenaran produk yang ditawarkan,bagus ataupun menariknya fasilitas yang di tawarkan dan juga besar atau kecilnya skala usaha yang di tawarkan.
Pada jaman sekarang ini,pasti sudah cukup banyak usaha bisnis waralaba yang di tawarkan,bahkan ada yang menarik dan unik sekali pun.Kita harus berhati-hati jika ingin membuka usaha waralaba ini.Kita sesuaikan dengan kemauan kita untuk membuka usaha waralaba jenis apa,usaha apa yang cocok dengan keahlian kita dsb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG USAHA WARALABA ES MADU ARBAIN

PELUANG USAHA WARALABA ES MADU ARBAIN Kali ini saya akan menawarkan jasa usaha waralaba es madu.Mendengar kata es pasti kita membayangkan nya sangat enak,segar dan sejuk.Apalagi jika cuaca sedang terik lalu kita meminum es.Waralaba kali ini berupa waralaba minuman kesehatan dikarenakan menggunakan madu asli sebagai bahan utama.Kita tahu jika madu merupakan cairan kental dan sangat manis yang berasal dari lebah atau tawon yang dihasilkan nya dari menghisap nektar dari bunga.  Rasa manis madu di sebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dan memiliki rasa yang manis menyerupai gula. Minuman es madu ini merupakan perpaduan antara madu asli produk arbain yang sudah terbukti khasiatnya dengan potongan jeruk dan tumbuhan herbal lain yang kaya akan khasiat dan kandungan vitamin.Minuman kali ini tidak hanya sebagai pelepas dahaga tapi juga dapat menyehatkan tubuh di karenakan menggunakan madu asli dan tanpa bahan pengawet. Untuk mendapatkan usaha waralaba ini

MASALAH WARALABA

MASALAH DALAM USAHA WARALABA Menjalankan usaha bisnis tidak semudah yang anda bayangkan sebelumnya. Ini juga untuk anda yang sedang mencoba menjalankan bisnis kecil-kecilan dari nol dan tanpa bekal pengalaman (hanya ikut-ikutan orang lain). Itu akan terlihat sangat sulit dan membosankan. Karena berbisnis waralaba ni kita hanya cukup membeli suatu produk/merk sesorang yang sudah dikenal di masyarakat lalu kita cukup mengembangkan nya menjadi lebih besar lagi bahkan sukses. Memiliki usaha waralaba juga memiliki banyak keuntungan dan kelebihan tersendiri.sehingga tidak heran jika usahadengan sistem waralaba ini banyak digeluti bahkan digemari oleh masyarakat yang ada di Indonesia ini. Namun jangan memikirkan kelebihan nya saja,tapi pikirkan juga kekurangan ataupun masalah yang akan timbul di tengah-tengah pada saat kita melakukan suat usaha waralaba.Banyak sekali masalah atau resiko yang biasa terjadi saat kita sudah memiliki usaha waralaba. Berikut beberapa masalah yang ker

KELEBIHAN MEMULAI USAHA BISNIS WARALABA

KELEBIHAN MEMULAI USAHA BISNIS WARALABA Bisnis waralaba saat ini berkembang sangat pesat dan ada banyak sekali orang yang ingin memiliki usaha, namun takut memulainya. Hal inilah yang menjadi alasan utama dalam membuka suatu bisnis . Setelah itu, akhirnya orang-orang juga banyak yang membuka usaha waralaba ini,sehingga sudah menjadi hal yang umum bahwa persaingan didalamnya pun cukup ketat. Meskipun bisnis ini berkembang sangat pesat dan memiliki persaingan ketat, peluang bisnisnya masih cukup luas asalkan anda mengetahui bagaimana strategi memasarkannya. Jika usaha yang anda jalankan telah  berhasil kebanyakan pebisnis akan membuka sistem waralaba atau menjual usaha nya kepada orang lain. Dapat memulai Bisnis Lebih Cepat Membuka bisnis franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perseorangan. Hal ini dikarenakan, franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise mungkin sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara sukses ters