Langsung ke konten utama

Sejarah Waralaba


SEJARAH WARALABA



Franchise pertama kali dimulai di Amerika oleh Singer Sewing Machine Company, produsen mesin jahit Singer pada 1851. Pola itu kemudian diikuti oleh perusahaan otomotif General Motor Industry yang melakukan penjualan kendaraan bermotor dengan menunjuk distributor franchise pada tahun 1898. Selanjutnya, diikuti pula oleh perusahaan-perusahaan soft drinkdi Amerika sebagai saluran distribusi di AS dan negara-negara lain.Sedangkan di Inggris waralaba dirintis oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg pada dekade 60-an.

Franchise dengan cepat menjadi model yang dominan dalam mendistribusikan barang dan jasa di Amerika Serikat. Menurut the International Franchise Association, sekarang ini satu dari dua belas usaha perdagangan di Amerika Serikat adalah franchise. Franchise menyerap delapan juta tenaga kerja dan mencapai empat puluh satu persen dari seluruh bisnis eceran di Amerika Serikat. Franchising kemudian berkembang dengan pesat karena metode pemasaran ini digunakan oleh berbagai jenis usaha, seperti restoran, bisnis retail, salon rambut, hotel, dealer mobil, stasiun pompa bensin, dan sebagainya.
Bisnis waralaba di Indonesia dapat ditelusuri jauh awal tahun 1980 ketika itu ada 6 perusahaan yang menggunakan waralaba sebagai strategi pemasaran produknya , ada beberpa bisnis waralaba yang sudah cukup lama di Indonesia seperti Es teler 77, Ny.Tanzil Fried Chicken dan  CFC dibidang perumahan kita mengenal Homes 21 Realty untuk bidang pendidikan kita mengenal adalah Oxford Course Indonesia dibidang ritel kita mengenal M convience store dan fotografi kita mengenal SS Photo.
Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data Deperindag pada 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia. Setelah itu, usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadi krisis moneter. Para penerima waralaba asing terpaksa menutup usahanya karena nilai rupiah yang terperosok sangat dalam.
Hingga tahun 2000, franchise asing masih menunggu untuk masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi dan politik yang belum stabil ditandai dengan perseteruan para elit politik. Barulah pada 2003, usaha franchise di tanah air mengalami perkembangan yang sangat pesat dan berkembang menjadi banyak sekali usaha franchise/waralaba dengan produk yang ditawarkan beraneka ragam bahkan unik.

Usaha ini sangatlah disukai oleh masyarakat di Indonesia.Banyak yang menggunakan usaha ini untuk sampingan bahkan ada pula dijadikan sebagai usaha pokok dan ditekuni sampai bertahun-tahun dan berkembang menjadi usaha yang besar.Maka dari itu usaha franchise di Indonesia sudah beragam jenisnya dan peminatnya bertambah pesat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG USAHA WARALABA ES MADU ARBAIN

PELUANG USAHA WARALABA ES MADU ARBAIN Kali ini saya akan menawarkan jasa usaha waralaba es madu.Mendengar kata es pasti kita membayangkan nya sangat enak,segar dan sejuk.Apalagi jika cuaca sedang terik lalu kita meminum es.Waralaba kali ini berupa waralaba minuman kesehatan dikarenakan menggunakan madu asli sebagai bahan utama.Kita tahu jika madu merupakan cairan kental dan sangat manis yang berasal dari lebah atau tawon yang dihasilkan nya dari menghisap nektar dari bunga.  Rasa manis madu di sebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dan memiliki rasa yang manis menyerupai gula. Minuman es madu ini merupakan perpaduan antara madu asli produk arbain yang sudah terbukti khasiatnya dengan potongan jeruk dan tumbuhan herbal lain yang kaya akan khasiat dan kandungan vitamin.Minuman kali ini tidak hanya sebagai pelepas dahaga tapi juga dapat menyehatkan tubuh di karenakan menggunakan madu asli dan tanpa bahan pengawet. Untuk mendapatkan usaha waralaba ini

MASALAH WARALABA

MASALAH DALAM USAHA WARALABA Menjalankan usaha bisnis tidak semudah yang anda bayangkan sebelumnya. Ini juga untuk anda yang sedang mencoba menjalankan bisnis kecil-kecilan dari nol dan tanpa bekal pengalaman (hanya ikut-ikutan orang lain). Itu akan terlihat sangat sulit dan membosankan. Karena berbisnis waralaba ni kita hanya cukup membeli suatu produk/merk sesorang yang sudah dikenal di masyarakat lalu kita cukup mengembangkan nya menjadi lebih besar lagi bahkan sukses. Memiliki usaha waralaba juga memiliki banyak keuntungan dan kelebihan tersendiri.sehingga tidak heran jika usahadengan sistem waralaba ini banyak digeluti bahkan digemari oleh masyarakat yang ada di Indonesia ini. Namun jangan memikirkan kelebihan nya saja,tapi pikirkan juga kekurangan ataupun masalah yang akan timbul di tengah-tengah pada saat kita melakukan suat usaha waralaba.Banyak sekali masalah atau resiko yang biasa terjadi saat kita sudah memiliki usaha waralaba. Berikut beberapa masalah yang ker

KELEBIHAN MEMULAI USAHA BISNIS WARALABA

KELEBIHAN MEMULAI USAHA BISNIS WARALABA Bisnis waralaba saat ini berkembang sangat pesat dan ada banyak sekali orang yang ingin memiliki usaha, namun takut memulainya. Hal inilah yang menjadi alasan utama dalam membuka suatu bisnis . Setelah itu, akhirnya orang-orang juga banyak yang membuka usaha waralaba ini,sehingga sudah menjadi hal yang umum bahwa persaingan didalamnya pun cukup ketat. Meskipun bisnis ini berkembang sangat pesat dan memiliki persaingan ketat, peluang bisnisnya masih cukup luas asalkan anda mengetahui bagaimana strategi memasarkannya. Jika usaha yang anda jalankan telah  berhasil kebanyakan pebisnis akan membuka sistem waralaba atau menjual usaha nya kepada orang lain. Dapat memulai Bisnis Lebih Cepat Membuka bisnis franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perseorangan. Hal ini dikarenakan, franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise mungkin sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara sukses ters